MASIGNCLEAN101

Semangat baru Desa Sido Luhur Berani Verifikasi ODF

iklan banner

Bengkulusatunews.com- Sedikitnya di Kabupaten Bengkulu Utara baru 64 desa dari 215 desa, telah memperoleh predikat Open Defecation Free (ODF) atau tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

 Mendukung program pemerintah daerah tersebut yang erat kaitannya dengan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Desa Sido Luhur, Kecamatan Padang Jaya awal 2022 ini melakukan verifikasi ODF.

Begitu disampaikan Kades Ahmad Haryanto,A.Md,  dalam sambutan giat verifikasi ODF, Rabu (12/1) di aula Kantor Desa Sido Luhur.

Ia melanjutkan, berbagai upaya dari pemerintah desa telah dilakukan untuk mensosialisasikan ODF ke masyarakat, yaitu melalui kader ODF, Posyandu, Pustu dan tersedianya prasarana dan sarana tidak hanya jamban sehat tetapi juga fasilitas air bersih.

 "Semoga desa kita dapat jadi desa dengan predikat ODF, terjaga kesehatan lingkungannya dan keluarga sehingga berimbas pula dengan pencegahan stunting," harapnya.

 Ahmad Haryanto,A.Md,  menambahkan, keberhasilan dan keberanian melaksanakan ODF tidak lepas dari kerja sama semua pihak dari prades, BPD, semua setekholder terkait, Dinas Perkim yang meluncurkan program sectoral.

 


Meskipun dari rekomendasi hasil verifikasi, masih ada beberapa  titik yang belum optimal, Senada Dengan  kepala  desa, Arif Suhartomo Selaku natural leaders yang juga kasi kesos berkomitmen untuk menyelesaikan beberapa PR tersebut secepatnya di bawah 30 hari kalender.

 


"Kedepannya untuk mendukung dan menjaga status desa ODF pemerintahan desa bersama BPD akan menerbitkan PerDes tentang kewajiban warga yang hendak mendirikan rumah baru harus sanggup melengkapi jamban sehat dalam waktu yang bersamaan," tambahnya.

 Dalam kesempatan itu, Desa Sido Luhur mendapat apresiasi dari tim verifikator Dinas Kesehatan dan Puskesmas Air Lais karena telah berani melakuka verifikasi ODF. [266]


Share This :
Kuli Keyboard

hanya anak desa yang ingin memcoba hidup lebih baik dari hari ke hari hormat orang tua,sayang sesama,serta Nggak SARA