Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

IR MIAN, DEDIKASI TANPA HENTI

Selasa, 01 September 2020 | 11:18 AM WIB Last Updated 2020-09-03T05:57:44Z

Ir Mian, Dedikasi Tanpa Henti

Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian.

‘Dedikasi Tanpa Henti’, Sebait ungkapan untuk sosok Bupati Bengkulu Utara periode 2015-2020 Ir. Mian yang menghabiskan hampir separuh usianya untuk mengabdi kepada kepentingan rakyat. Ir. Mian mulai menapaki karier politiknya pada Tahun 2004, berbekal dukungan masyarakat, ia berhasil dihantarkan sebagai Anggota DPRD Bengkulu Utara. Dirasa berhasil mewakili suara masyarakat di Legislatif, Mian digandeng menjadi Wakil Bupati pada Pilkada 2010 mendampingi Imron Rosyadi.

Pengorbanan tenaga, pikiran dan waktu demi kepentingan masyarakat selama menjabat sebagai wakil Bupati  belum sepenuhnya dapat mewujudkan keinginan masyarakat, pada 2015 atas dukungan penuh Masyarakat, Ir. Mian maju sebagai Bupati Bengkulu Utara berpasangan dengan sosok muda Arie Septia Adinata. Pilkada 2015 Mayoritas masyarakat memilih Ir. Mian-Arie sebagai pemimpin baru yang diharapkan membawa perubahan nyata ditengah kehidupan masyarakat.

Perjalanan politik Ir. Mian bukan tanpa melewati jalan terjal dan berliku, bahkan kadang tertatih. Hambatan, rintangan bahkan cemoohan sudah menjadi hal biasa yang ia terima. Sebagai sosok pemimpin, Mian tentu sudah siap menerima konsekuensi apapun demi kepentingan rakyat yang dipimpinnya.

Nama Ir. Mian memang tidak asing dikalangan masyarakat khususnya Bengkulu Utara, namun mungkin belum banyak yang mengetahui kehidupan pribadinya. Ir.Mian lahir di Kisaran, Asahan, Sumatra Utara pada 8 April 1964. Buah hati dari pasangan Samak dan Darmi, Mian merupakan anak Bungsu dari 12 bersaudara. Keluarganya mendapatkan program transmigrasi kolonial Belanda, kehidupan ekonominya pun bukan berlatar belakang dari keluarga berada,

Mian  menghabiskan masa kecilnya di Asahan, Sematera Utara. Setelah menamatkan Sekolah Dasar (SD), ia merantau ke Kota Medan untuk melanjutkan pendidikan SMP dan SMA. Pada tahun 1985 barulah dia datang ke Bengkulu untuk melanjutkan kuliah di jurusan Agronomi Universitas Bengkulu (Unib), mimpi Mian untuk kuliah terwujud setelah sebelumnya dinyatakan  lulus tanpa tes program Penelusuran Minat dan Kemampuan.

Sumber Foto: Akun Instagram Ir. Mian.

Setelah lulus, tentu keinginan segera bekerja seorang sarjana sangat ia dambakan. Berbekal ilmu dan ijazah yang didapatnya semasa menempuh pendidikan, Mian diterima bekerja di sebuah perusahaan perkebunan yang ada di Bengkulu Utara. Namanya populer diantara kalangan pekerja perkebunan yang meliputi tiga area Kecamatan Ketahun, Putri Hijau dan Napal Putih.

Sukses bekerja di perusahaan perkebunan, Mian ingin lebih berkontribusi banyak untuk kepentingan masyarakat. Pada Tahun 2004 awal cikal bakal Mian mulai menapaki karier politik di legislatif. Kinerjanya di sebagai Anggota DPRD kala itu sangat dirasakan manfaatnya, aspirasi masyarakat dan program mampu ia perjuangkan di parlemen.

Hingga kini kepercayaan publik tidak pernah luntur, jabatan sebagai orang nomor wahid di Bengkulu Utara tidak disia-siakannya untuk berbuat lebih banyak kepada masyarakat. Program pembangunan infrastuktur terus digencarkan, sektor ekonomi terus ditingkatkan dan kebijakan lain yang berpihak kepada rakyat. Watak kepemimpinannya juga tidak diskriminatis, mengambil jargon “Membangun untuk Semua”, Mian melakukan pemeratan pembangunan diseluruh wilayah Bengkulu Utara tanpa membedakan suku,agama dan perbedaan pilihan politik.

Dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, tentu tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat. Gagasan visioner Ir. Mian terkait pemerataan pembangunan akan sepenuhnya terwujud bila Masyarakat harus ikut serta berperan aktif serta mengapresiasi kinerja pemerintah dalam upaya mewujudkan pembangunan  yang merata.

Penulis: Mahesa

Editor: Redaksi.

BIOGRAFI:

Nama       : Ir. Mian

TTL          : Kisaran, 4 Agustus 1964

Agama     : ISLAM

Alamat    : Jln. Jenderal Sudirman, Arga Makmur Bengkulu Utara

Istri         : Eko Kurnia Ningsih

Jabatan  : Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ketua GOW Kabupaten Bengkulu Utara

Anak       :

  1. Andaru Pranata, SE
  2. Danni Tirta Anggara
  3. Andreyan Treasnanda
  4. Datri Aprianto

PENDIDIKAN

Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Asahan – Sumut Tahun 1979

Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kota Medan – Sumut Tahun 1982

Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA ) Kesatria – Medan Tahun 1985

Sarjana S1 Pertanian – Universitas Bengkulu ( Unib ) 1989

RIWAYAT ORGANISASI

Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu ( PMJB ) Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2008-2012

Penasehat Himpunan Masyarakat Sumatera Utara ( HIMSU ) Propinsi Bengkulu

Penasehat Paguyuban Masyarakat Sunda Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Dewan Pembina Serikat Petani Sawit Mandiri Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua BNN Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Umum Persatuan Anak Tranmigrasi Republik Indonesia ( PATRI ) Propinsi Bengkulu

RIWAYAT PEKERJAAN

Asisten Afdeling II merangkap Asisten Land Cleaning PT. Pamor Ganda Perkebunan Kakao dan Karet Kecamatan Ketahun

Manager Kebun Kakao dan Karet PT. Pamor Ganda Kecamatan Ketahun

Sit Manager PT. Sumber Windu Kecamatan Kencana Rekan Group Holding Company di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan.

Manager di PT. Jamrud Indah Prima dan CV. Nusa Cendana Proyek Perkebunan Kelapa Sawit di Musi Rawas Sumatera Selatan.

Ketua Komisi III Periode 2006-2009

Anggota Himpunan Masyarakat Peduli Tranmigrasi Propinsi Bengkulu

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Periode 2004-2006.

Wakil Bupati Bengkulu Utara Periode 2011- 2015.

Bupati Bengkulu Utara Periode 2015 – sekarang


Sumber berita

×
Berita Terbaru Update