Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bengkulu Utara sudah Punya Alat Swab PCR

Jumat, 27 Agustus 2021 | 1:41 PM WIB Last Updated 2021-08-30T11:21:10Z

 ARGA MAKMUR, Bengkulusatunews.com – Alat swab polymerase chain reaction (PCR) bantuan dari Pemerintah RI dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tiba di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kamis (26/8).

Bantuan alat Swab PCR ini diterima langsung tim Dinas Kesehatan dan RSUD Arga Makmur, serta BPBD BU.

foto bersama sata penerimaan alat pcr source:erma novicer

Kepala Dinas Kesehatan Syamsul Maarief SKM MKes melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Nova Hendriani SKM MM mengatakan, alat Swab PCR ini merupakan usulan Pemerintah Kabupaten BU terhadap Pemerintah RI.

 Agar Kabupaten BU ada alat swab PCR guna mengoptimalkan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten BU, karena alat swab PCR yang saat ini merupakan alat yang paling akurat memastikan apakah seseorang terdeteksi virus Covid-19.

“Allhamdulillah, bantuan alat Swab PCR dari BNPB pusat telah tiba hari ini dan kita terima dengan keadaan baik. Meski bantuan ini kita perkirakan akan tiba dalam 2 hari mendatang,” kata Nova.

Ditambahkannya, bantuan alat Swab PCR ini ada tiga item yang diterima yakni 1 unit Mesin PCR QIAquant 965 plex, 1 Kit PCR Reagent Kit (SARS-Cov-2-N1+N2 assay kit) & RNA QLAprep & amp Viral RNA UM Kit dan 600 test RNA Astrabiotech.

Dengan total Rp 491,91 juta. “Ya, ada 3 item bantuan alat PCR ini kita terima. Bila ditotalkan bantuan tersebut berjumlah Rp 491 juta lebih,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nova menuturkan, bantuan ini bakal diserahkan ke Laboratorium RSUD Arga Makmur. Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati BU Ir H Mian kepada Direktur RSUD Arga Makmur.

“Pekan  depan (30/8) alat Swab PCR inidiserahkan langsung oleh Bupati ke Direktur RSUD Arga Makmur. Dengan telah adanya kita harapkan dapat lebih optimal dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten BU,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Direktur RSUD Arga Makmur dr Herawati menyampaikan, dengan adanya bantuan alat Swab PCR ini, RSUD mempersiapkan tempat, tenaga petugas, serta izin operasional dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan Kementerian Kesehatan.

Sehingga nantinya hasil Swab PCR dari RSUD Arga Makmur layak dan tidak diragukan oleh masyarakat “Saat ini tempat atau gedungnya sudah kita siapkan, akan tetapi tenaga atau petugas medisnya dalam proses pelatihan begitu juga dengan izin operasionalnya masih dalam proses.

Insya Allah dalam waktu dekat semua ini telah selesai sehingga alat Swab PCR dapat segera bisa digunakan,” tandasnya.


×
Berita Terbaru Update