Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

6 Cara Mengatasi Tidak Bisa instal Aplikasi di Play Store 2021

Jumat, 03 September 2021 | 10:52 AM WIB Last Updated 2021-09-03T03:52:47Z

Bengkulusatunews.com-Google Play Store adalah tempat untuk mengunduh jutaan buku, film, game dan aplikasi bagi pengguna hp android. Kita bisa mendownload apapun yang dibutuhkan sesuai seler. Sayangnya, beberapa orang mengalami error pada saat mengunduh aplikasi dan game. Supaya bisa kembali berfungsi dengan normal, berikut beberapa cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store.

 

Alasan paling umum kenapa tidak bisa instal apliaksi di Play Store adalah memori internal hp sudah terlalu penuh. Sehingga selalu gagal setiap kali ingin menambahkan aplikasi dan game baru. Tentu masih ada faktor-faktor lain yang membuat proses download kamu gagal ataupun tertunda.


 

Inilah cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store yang perlu dicoba.

Cara Mengatasi Tidak Bisa instal Aplikasi di Play Store

1. Menghapus Cache Play Store

 

Cache adalah data-data yang dikumpulkan setiap kali Google Play Store digunakan. Seiring berjalannya waktu, ukuran dari cache tersebut semakin besar. Masalahnya, apabila terjadi sistem error pada Play Store kamu maka cache ini juga akan menyimpannya.

 

Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tidak bisa download aplikasi dan game di Play Store. Untuk menghapus cache silahkan ikuti panduan berikut:

 

Buka Setelan

Pilih Aplikasi

Klik Google Play Store

Kemudian pilih Hapus Data

 

2. Mengecek Koneksi Internet dan Settingan di Play Store

 

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store adalah mengecek koneksi internet. Apakah sudah tersambung dengan baik atau belum. Coba aktifkan mode pesawat dan tunggu beberapa saat, lalu nonaktifkan. Aktifkan data internet dan download ulang aplikasi atau game.

 

Selain koneksi internet yang buruk, penyebab lainnya bisa jadi karena settingan download di hp kamu WiFi Only. Maka dari itu bisa mengubahnya seperti dibawah:

 

Buka Google Play Store

Klik Setting dan pilih App Download Preference

Pastikan pengaturannya adalah Over any network, karena jika Over wi-fi only hanya mengunduh menggunakan WiFi saja

 

3. Menghapus Pembaruan Play Store

 

Ingat yang dihapus disini bukanlah aplikasinya, melainkan pembaruan Play Store. Mungkin pada pembaruan terbaru tersebut ada beberapa bug yang membuatnya error. Dengan menghapus pembaruan, maka kembali ke versi lama dan mengatasi error.

 

Caranya cukup mudah:

 

Buka Settings di ponselmu

Klik Apps

Pilih Google Play Store

Setelah itu klik tombol Uninstal Pembaruan

Jika muncul pop-up copot pemasangan pembaruan? Pilih OK

 

4. Cek Pengaturan Waktu

 

Selain koneksi internet buruk, hal sederhana lain yang bisa menyebabkan tidak bisa download aplikasi di Play Store adalah waktu dan tanggal salah. Pastikan waktu dan tanggal di ponselmu sesuai dengan yang sebenarnya. Agar lebih praktis, tinggal mengaktifkan fitur Automatically Set Date & Time saja.

 

5. Menghapus Beberapa Aplikasi Tidak Terlalu Penting

 

Cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store berikutnya adalah uninstal beberapa aplikasi. Ini bertujuan untuk melonggarkan memori internal, sehingga bisa dimasuki aplikasi dan game baru. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memori internal penuh menjadi faktor terbesar yang menggagalkan proses download di Play Store.

 

Untuk melakukannya, bisa ikuti beberapa langkah dibawah:

 

Masuk ke Settings

Klik App Management atau Applications

Pilih aplikasi yang jarang digunakan, lalu klik Uninstal

Terus ulangi pada aplikasi-aplikasi yang kurang perlu

 

 

6. Mengganti Akun Gmail

 

 

Di hp android kita bisa sign-in ke beberapa akun Gmail sekaligus, baik itu 2 atau bahkan lebih dari lima. Nah, salah satu upaya untuk mengatasi error di Play Store merefresh akun Gmail yang digunakan. Caranya seperti berikut:

 

Buka Settings

Klik Accounts

Pilih Add Account lalu klik Google

Login ke email lain seperti biasa

 

Setelah berhasil, lanjutkan dengan seperti berikut:

 

Buka Google Play Store

Klik icon akun Gmail kamu (kiri atas)

Kemudian beralih ke akun lain

Setujui layanan

Tutup Play Store dan buka kembali

Coba download aplikasi

 

Demikianlah cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Jika belum berhasil, coba restart ponsel dan apabila masih gagal lebih baik restart hp android kamu.

×
Berita Terbaru Update