Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Cek Spesifikasi HP Android Semua Merek

Selasa, 26 Oktober 2021 | 4:23 PM WIB Last Updated 2021-10-26T09:23:05Z

 

bengkulusatunews.com-Cara Cek Spesifikasi HP - HP android sudah bukan menjadi perangkat gadget yang asing di kalangan masyarakat modern sekarang ini. Bahkan hampir semua orang sudah memilikinya, di mana penggunaannya bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik untuk memiliki sebuah smartphone.

Di pasaran ada banyak sekali tipe HP android yang bisa dibeli, pastinya dengan banderol harga yang bervariasi. Harga banderolnya tersebut menyesuaikan dengan spesifikasi komponen hardware dan software yang diusung oleh sebuah smartphone. Sebagai pemilik HP android, terkadang kita penasaran dengan spesifikasi yang diusung pada HP tersebut. Sayangnya tidak semua pengguna tahu cara cek spesifikasi HP android ini. Tidak perlu bingung, karena di bawah ini sudah dibahas mengenai cara tersebut.

Cara Cek Spesifikasi HP Android Semua Merek

Untuk mengetahui spesifikasi dari HP android, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Caranya tersebut terbilang sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara cek spesifikasi HP android semua merek selengkapnya, sebagai berikut:

4 cara cek spesifikasi hp android


1. Cek di Kotak HP (Dosbuk)

Cara yang paling mudah untuk mengetahui spesifikasi HP yakni dengan mengecek melalui dosbuknya. Biasanya pada dosbuk HP tersebut tertera informasi komponen hardware dan software yang dibekalkan padanya. Informasinya mungkin tidak terlalu lengkap, melainkan hanya spesifikasi dasar dari HP tersebut.

Pada kotak HP ini kamu bisa mengetahui kapasitas RAM, tipe chipset dan prosesornya, ukuran layar, versi OS Android, hingga kapasitas baterai yang dibawanya.

2. Cek Menggunakan Kode IMEI

Jika ternyata kota HP atau Dosbuk tidak Anda temukan alias hilang, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Untuk cara kedua ini Anda bisa menggunakan IMEI dari HP. Kode IMEI tersebut bisa Anda cek di situs resmi pengecekan IMEI untuk mengatahui spesifikasi lengkap dari HP android. Untuk langkah-langkah melakukan pengecekan spek HP mengginakan IMEI tersebut, yakni:

·         Langkah yang pertama Anda buka menu Panggilan atau Dial Up.

·         Kemudian ketik kode dial *#06# kemudian tekan Panggil. Di sana Anda akan mendapatkan nomor IMEI dari HP tersebut.

·         Sekarang buka browser, kemudian kunjungi situs pengecekan IMEI. https://www.imei.info/

·         Pada halam situs tersebut Anda masukkan IMEI dari HP yang didapatkan tadi.

·         Verifikasi Captcha terlebih dahulu, kemudian klik tombol CHECK.

·         Nantinya akan muncul informasi lengkap dari HP android milikmu tersebut.

3. Cek Menggunakan Aplikasi Checker

Ada beberapa jenis aplikasi pengecekan spek HP yang bisa Anda temukan di Google Playstrore. Salah satunya yakni bernama AIDA64 yang dikembangkan oleh FinalWire Ltd. Anda cukup menginstal aplikasi tersebut melalui Google Playstore secara gratis.

Jalankan aplikasi tersebut dan aplikasi akan secara otomatis melakukan scanning. Nantinya akan ditampilkan informasi lengkap mengenai spesifikasi dari HP androidmu tersebut. Informasi yang ditampilkan mulai dari tipe chipset dan prosesor, kapasitas RAM, spek layar, kamera, audio, hingga kapasitas baterai HP.

4. Cek Melalui Situs Online

Dan cara yang terakhir untuk mengetahui spesifikasi HP secara lengkap dan akurat yakni dengan melalui situs online. Salah satu situs yang bisa Anda gunakan yakni GSMArena, di mana situs ini menampilkan berbagai informasi spesifikasi hingga harga dari setiap tipe smartphone yang ada, bahkan yang statusnya masih rumor.

Itu tadi beberapa cara cek spesifikasi HP android yang paling mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

×
Berita Terbaru Update