MASIGNCLEAN101

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa SMS yang Paling Ampuh

iklan banner

 

Bengkulusatunews.com-Mengatasi HP Tidak Bisa SMS – Meskipun bisa dibilang sudah ketinggalan jaman, nyatanya layanan SMS tetap dibutuhkan hingga sekarang ini. Umumnya layanan SMS digunakan untuk proses verifikasi, di mana pihak tertentu akan mengirim kode OTP ke pelanggan sebagai langkah verifikasi diri. Selain itu, beberapa pengguna lain juga masih mengandalkan layanan SMS untuk saling berkomunikasi.

Berbicara mengenai SMS, pada kondisi tertentu HP tidak bisa digunakan untuk mengirim atau menerima SMS. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu mobilitas pengguna. Layanan SMS yang tidak bisa diakses ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Apapun faktornya, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk mengatasi HP tidak bisa SMS tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

cara atasi hp tidak bisa sms
cara Atasi Hp Tidak Bisa Sms Paling Ampuh


Cara Mengatasi HP Tidak Bisa SMS yang Paling Ampuh

Sangat mudah sebenarnya cara mengatasi HP tidak bisa kirim dan terima SMS tersebut. Hanya saja memang belum semua pengguna mengetahui cara tersebut, mungkin Anda juga. Adapun cara mudah untuk mengatasi HP tidak bisa SMS selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah tidak dapat mengirim dan menerima SMS di HP android yakni dengan melakukan restart. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, bahkan tidak butuh waktu yang lama.

Selain mengatasi masalah SMS yang error, dengan melakukan restart juga akan membuat performa kinerja HP menjadi lebih cepat dan responsif daripada sebelumnya. Berbagai masalah error ringan lainnya juga bisa diatasi dengan cara ini.

2. Mengatur Nomor Pusat Pesan dengan Benar

SMSC atau nomor pusat layanan pesan singkat di setiap operator berbeda-beda, namun fungsinya sama. Fungsi dari nomor pusat pesan tersebut yakni untuk meneruskan pesan yang dikirim oleh pengirim ke penerima, layaknya sebagai jembatan. Jika SMSC yang digunakan salah, tentunya SMS tidak akan diterima ataupun dikirim.

Untuk mengatur nomor pusat pesan atau SMS tersebut sangat mudah, yakni:

·         Pertama Anda buka menu Pesan atau SMS yang ada di HP android.

·         Kemudian klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan.

·         Selanjutnya Anda klik pada opsi Pengaturan Lainnya.

·         Lalu pilih opsi Pesan Teks.

·         Anda fokus pada opsi Pusat Pesan, klik pada opsi tersebut.

·         Sekarang Anda masukkan nomor pusat pesan atau SMSC yang benar sesuai operator seluler yang Anda gunakan. Klik Atur untuk menyimpannya.

·         Selesai.

Seperti yang dijelaskan di atas, nomor pusat pesan atau SMSC ini berbeda-beda untuk setiap operator seluler. Berikut ini adalah kode SMSC operator seluler yang ada di Indonesia, di antaranya:

·         Kode SMSC Telkomsel : +6281100000

·         Kode SMSC XL : +62818445009

·         Kode SMSC Indosat IM3 Ooredoo : +62855000000

·         Kode SMSC Indosat (Mentari) : +62816124

·         Kode SMSC Axis : +628315000032

·         Kode SMSC 3 (Three) : +6289644000001

·         Kode SMSC Smartfren : +628811223344

3. Menghapus File Cache dan Data Pesan

Jika yang menjadi masalah adalah menu Pesan yang tidak bisa diakses, maka cara ini bisa dijadikan alternatif. Misalnya saja saat membuka menu Pesan atau SMS, tiba-tiba aplikasi keluar sendiri atau terdapat tulisan “Aplikasi Pesan Telah Berhenti” atau semacamnya. Untuk cara mengatasinya yakni:

·         Pertama Anda buka menu Pengaturan di HP android.

·         Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Aplikasi Terintal.

·         Cari dan pilih aplikasi Pesan.

·         Masuk ke opsi Penyimpanan.

·         Klik tombol Hapus Cache.

·         Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data.

Itu tadi beberapa cara mengatasi HP tidak bisa SMS yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Share This :
Kuli Keyboard

hanya anak desa yang ingin memcoba hidup lebih baik dari hari ke hari hormat orang tua,sayang sesama,serta Nggak SARA