Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Cara Menstabilkan Jaringan Saat Bermain Game Online Agar Tidak Lag

Sabtu, 04 September 2021 | 12:01 PM WIB Last Updated 2021-09-04T05:01:45Z

Bengkulusatunews.com-Ngelag ketika bermain game online pastinya sangat mengesalkan, karena membuatnya menjadi patah-patah dan mengacaukan alur permainan. Kamu yang sudah mempersiapkan diri untuk menang terpaksa harus menerima kekalahan karena ping free fire, mobile legends ataupun lainnya terlalu tinggi. Untuk meminimalisir kejadian seperti ini, simak deh beberapa cara menstabilkan jaringan saat bermain game berikut.

source:www.google.com


 

Tidak bisa dipungkiri, baik itu paket internet maupun WiFi seringkali lag ketika digunakan untuk bermain game. Meskipun provider yang digunakan menjadi faktor terbesar dari kenyamanan dan kestabilan, akan tetapi kamu bisa memaksimalkan beberapa hal lain untuk mencegah lag.

 

Seperti beberapa cara menstabilkan jaringan saat bermain game dibawah ini.

 

Cara Menstabilkan Jaringan Saat Bermain Game

 

1. Pilih Jaringan Yang Bagus Ditempatmu

 

Sesuai penjelasan sebelumnya, provider yang kamu gunakan adalah faktor terbesar dari kenyamanan bermain game online. Setiap daerah memiliki provider andalan masing-masing, sehingga kamu perlu melakukan sedikit riset.

 

Coba satu per satu kartu provider yang kemungkinan jaringannya bagus. Setelah itu, pilih yang menawarkan sinyal terbaik. Sehingga, kamu bisa bermain game lebih stabil dan meminimalisir terjadinya lag.

 

Apabila di dalam rumah susah sinyal, silahkan keluar ruangan dan periksa perbedaanya. Biasanya kualitas sinyal di luar ruangan lebih baik daripada didalam rumah.

 

2. Gunakan WiFi

 

Harus diakui, kebanyakan layanan WiFi memang memberikan kecepatan internet yang lebih baik dibandingkan paket data. Jadi, bagi kamu yang hobi bermain game online sangat direkomendasikan untuk memasang WiFi di rumah demi kenyamanan.

 

Meskipun WiFi relatif lebih cepat dan stabil, tetap perhatikan jumlah penggunanya pada saat bermain game. Pastikan tidak banyak pengguna lain yang terhubung, supaya ping tidak terlalu tinggi. Apalagi jika salah satu pengguna streaming video YouTube, bisa jadi koneksinya agak berat.

 

Sementara itu, salah satu cara mengatasi WiFi lag saat main game adalah merestart routernya. Lakukan ini setiap kali koneksi WiFi kamu buruk.

 

Untuk mendapatkan kualitas jaringan terbaik, posisi kamu tidak boleh jauh-jauh dari router. Semakin dekat dengan pemancar WiFi, maka tambah bagus. Sebisa mungkin tidak beda lantai atau terhalang tembok, karena sinyal wireless rentan terhadap gangguan.

 

3. Tutup Aplikasi Lain

 

Supaya kerja jaringan internetmu fokus pada game yang sedang dimainkan, tutup semua aplikasi yang masih berjalan. Karena semakin banyak aplikasi yang dibuka, itu berarti koneksinya terbagi-bagi ke dalam aplikasi tersebut.

baca juga:Rekomendasi 5 Game Penghasil Uang Langsung ke DANA Terbaik 2021

 

Terlebih lagi aplikasi yang berjalan dibackground seperti TikTok, YouTube, Instagram dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi seperti ini terus-terusan membutuhkan koneksi internet.

 

4. Aktifkan Speed Mode di Game

 

Salah satu game yang menghadirkan fitur speed mode adalah Mobile Legends. Fitur ini berfungsi untuk memastikan pengguna mendapatkan kualitas jaringan terbaik dan mencegah ping terlalu tinggi. Pastinya sangat membantu supaya jaringan tetap stabil.

 

Untuk game lainnya masih belum tahu, coba deh periksa di menu pengaturan game online yang kamu mainkan.

 

5. Atur Grafis Rendah

 

Grafis adalah tampilan setiap komponen didalam game, biasanya terbagi ke dalam low, mid, high dan HD. Semakin tinggi level, maka tampilannya semakin keren dan membutuhkan koneksi internet lancar.

 

Apabila memang didaerah kamu susah sinyal, lebih baik mengatur ke grafis rendah. Ini hanya membutuhkan lebih sedikit upaya, sehingga kemungkinan masih bisa lancar meskipun koneksi internet tidak super cepat.

 

6. Coba Aplikasi Penguat Sinyal

 

Di Google Play Store kamu bisa menemukan banyak aplikasi yang bertugas untuk menjaga koneksi internet tetap stabil. Beberapa rekomendasi terbaiknya adalah Internet Speed Booster, Network Master dan My Data Manager.

 

7. Bermain Pada Malam Hari

 

Jika semua upaya sudah dilakukan dan hasilnya masih tetap ngelag, satu-satunya jalan adalah bermain di malam hari. Yaitu diantara jam 12 malam sampai 6 pagi, dimana koneksinya jauh lebih stabil.

baca juga:6 Cara Mengatasi Tidak Bisa instal Aplikasi di Play Store 2021

 

Menurut pengalaman, ketika siang hari ping merah dan susah menggerakkan karakter di dalam game, namun ketika bermain di jam 2 dini hari lancar jaya dan ping selalu hijau.

 

Ingat, ini merupakan pilihan terakhir apabila semua langkah diatas sudah dicoba.

 

Itu tadi adalah beberapa cara menstabilkan jaringan saat bermain game online, semoga bermanfaat.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update